A. Latar Belakang

       Salah satu indikasi terimplementasikannya prinsip Good Corporate Governance (GCG) adalah adanya wadah, tools, instrument, media pelaporan dan/atau pengaduan bagi seluruh pihak yang ada di perusahaan terhadap tindakan pelanggaran tata kelola, etika dan peraturan perundang-undangan baik yang berlaku di internal perusahaan tersebut maupun peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara dimana perusahaan tersebut berada dan beroperasi.

       PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) secara konsisten dan konsekuen berkomitmen untuk menjadikan GCG sebagai perekat kesinambungan bisnis ICON+ kedepan.
       Komitmen ini sejalan dan searah dengan adanya program “ICON+ Bersih, Berani Bersih”. Salah satu infrastruktur program tersebut adalah Whistleblowing System ICON+ (WBS ICON+). Sehingga dengan kata lain bahwa WBS ICON+ adalah wujud nyata dari komitmen ICON+ tersebut.
       WBS ICON+ hadir dalam rangka memberikan kesempatan kepada seluruh ICONERS dan stakeholders ICON+ untuk dapat menyampaikan laporan mengenai dugaan pelanggaran terhadap prinsip-prinsip tata kelola yang baik, nilai-nilai etika yang berlaku, peraturan perundang-undangan yang berlaku di internal ICON+ maupun Negara ini, tentu pelaporan dan/atau pengaduan tersebut haruslah berdasarkan bukti-bukti yang dapat kuat dan dipertanggungjawabkan, bukan asumsi dan/atau persepsi yang tentu hanya akan menggiring pada arena fitnah-memfitnah sesame ICONERS maupun stakeholders dan yang pasti pengaduan dan/atau pelaporan tersebut didasari niat baik untuk kepentingan dan kesinambungan serta keberlangsungan ICON+ kedepannya.
       WBS ICON+ dikelola oleh UPG ICON+ secara professional dan proporsional, sehingga diharapkan dengan hadirnya WBS ICON+ akan mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dan berpotensi terjadi merugikan baik secara finansial maupun non finansial (reputasi dll). Dengan WBS diharapkan nantinya menjadi early-warning system (deteksi dini) apabila terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh oknum ICONERS maupun stakeholders.

B. Ruang Lingkup

Whistleblowing System ICON+ (WBS ICON+) berlaku bagi seluruh ICONERS dan seluruh stakeholders ICON+

C. Maksud, Tujuan dan Manfaat

1. Sebagai pedoman pengelolaan dan penanganan pengaduan/pelaporan ICONERS serta pihak stakeholders ICON+;
2. Sebagai bentuk peningkatan perlindungan terhadap ICONERS, para Stakeholders ICON+ dan nama baik ICON+ (reputasi);
3. Tersedianya tools pelaporan informasi penting bagi ICON+ kepada pihak yang harus segera menanganinya secara cepat dan bertanggunjawab;
4. Sikap enggan, masa bodoh (apatis) dan tidak peduli terhadap pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dan berpotensi terjadi akan semakin hilang karena munculnya WBS ICON+ yang efektif dan terpercaya;
5. Tersedianya sistem deteksi dini (early warning system) atas kemungkinan terjadinya masalah akibat suatu pelanggaran;
6. Tersedianya kesempatan untuk menangani masalah pelanggaran secara internal ICON+ terlebih dahulu, sebelum meluas menjadi masalah pelanggaran yang bersifat umum (public);
7. Mengurangi risiko yang dihadapi ICON+ akibat dari pelanggaran baik dari segi finansial, operasional, hukum, keselamatan kerja dan reputasi.

  • Gratifikasi Online

  • Kirim Laporan WBS
  • ID Pelaporan

    Info

    Pelaporan melalui website dapat dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran, dimana pelapor dapat mendaftar dengan identitas maupun tanpa identitas. Laporan juga dapat disampaikan secara langsung melalui email WBS Officer.

    Pengelolaan pelaporan dilakukan oleh pihak independen.

    Simpan nomer Ticket ID anda untuk melakukan updating laporan melalui web ini.

    PT Indonesia Comnets Plus